jalan gila

beda tipis! (Tidung part 2)

Spent 6 hours in middle of sea, crazy thought across in my mind “what if we get lost? I mean there’s no sign to make anyturn or else dude!”.

If not only because of sun heat and seasick, I want to shout like Colombus “Look we find land!!” when finally we saw signpost “selamat datang di Tidung”.

Setelah pembagian guest house, kita beres-beres dan MAKAN! Tapi yang lebih seru setelah makan adalah kita mau snorkeling ke pulau terdekat, cihuuuyy! Pengalaman pertama gue nyemplung ke laut setelah beberapa taun yang lalu sempet hampir ke seret ombak di Anyer (oke, too much information here).

Keren! gue berasa putri duyung lagi berenang di antara karang dan ikan-ikan yang lucu banget. Temen gue sempet diikutin ikan-ikan keci karena iseng turun ke laut sambil bawa wafer dan diremah-remahin sambil berenang. Hampir sunset, dan kita dipaksa naik perahu pulang balik ke Tidung.

mermaid kiss

mermaid kiss

Entah karena darah gue yang kota banget jadinya norak atau gimana, karena pas yang lain asyik api unggun gue masih berasa ajut-ajutan kayak lagi di perahu. Jadilah gue melipir ke warung kopi deket situ buat tiduran di ayunan sambil minum susu jahe.

Diingetin berkali-kali sama guidenya buat bangun sebelum subuh buat liat sunrise dan sepedahan. Yaelah! Dari kecil juga gue udah liat sunrise di Jakarta, apa bedanya coba?

Dan inilah bedanya

holy beauty!!

holy beauty!!

Dan sepedaannya, gak waras! Awalnya gue pikir ide ngegowes ke pantai selatan dari pantai utara itu biasa aja tapi ternyata… jauh banget!! Ya mirip kayak Jakarta-Bogor PP naik sepeda, iya gempor to the max. But those all worth enough, karena bisa bener-bener keliling perkampungan bahkan sampe liat dimana puskesmas dan sekolah-sekolah, lewat hutan, padang ilalang tinggi dan pantai selatan yang jauh lebih sepi dan bersih dibanding pantai utara yang jadi pusat keramaian turis karena ada fasilitas sewa sepeda, banana boat, juga jembatan cinta.

pose dulu di padang ilalang kece

pose dulu di padang ilalang kece

Btw, have I told you how careless people here with their trash? broh! tukang sampahnya aja buang sampahnya dibibir pantai,giliran ditanya kok buangnya disitu, dia jawab dengan enteng “ntar kan juga kebawa air laut, jadi gapapalah”. Sedihnya lagi, hampir setiap foto di pantai, gue dan temen-temen sering banget liat diapers atau pembalut lagi berenang di sekitar kita :(.

Begitu sampai di bagian selatan pulau, gue yang gak punya bakat jadi tukang becak langsung goler-goler di saung persis depan pantai. Disini pantainya lebih banyak karang dan gak disarankan buat nyemplung karena ada bule yang selesai berenang langsung kegatelan seluruh badan, mungkin ada ubur-uburnya mungkin juga bakteri dari diepers dan pembalut, hiiii.
Sambil foto-foto kita istirahat dengan makan gorengan yang sengaja dibeli abis ngeliat sunrise tadi subuh. Silahkan dibayangkan sebelepotan apa minyak digorengan yang udah dari subuh dan dibawa naik sepeda puluhan KM itu.
Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung kayaknya tepat buat menggambarkan salah persepsi antara gue dengan ibu penjaga warung. Gue yang keausan abis gowes pesen teh anget manis dan ibunya kasih teh mendidih manis. Males niup-niup, gue goler-goler lagi aja sambil nunggu itu teh dingin, daaaann… tehnya tumpah! basahlah baju belakang gue. It was fine, I order another tea and we stil taking pictures, tapi begitu sampe guest house dan mau mandi keliatanlah kalau sebagian pinggul gue melepuh! Untungnya gak lama setelah itu kita balik ke Jakarta, but still another 6 hours over the sea, yawn!
Gapapalah ya, orang-orang pulang dari Bali ada bekas tato, gw pulang dari Tidung ada bekas koreng, beda tipis!

See you in other stupidity adventure, cherios!

Leave a Reply

